Masjid merah panjunan

Kota Cirebon, Jawa Barat, menyimpan banyak pesona sejarah dan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Salah satu landmark yang tak boleh dilewatkan adalah Masjid Merah Panjunan, sebuah masjid bersejarah yang terletak di Kampung Arab Cirebon. Ketika mendatangi sebuah wilayah, aku suka menyambangi masjid tuanya. Jadi, ketika ke Cirebon aku datang ke beberapa tempat.

Perpaduan Arsitektur dan Nilai Sejarah

Pagi itu tanggal merah, aku berkendara dari makam Sunan Gunung Jati. Kondisi di sekitar masjid sangat sepi, hanya sesekali kendaraan roda dua yang melintas. Menengok ke dalam area masjid dari jalan raya, tak nampak seorangpun berada di sana. Masjid-masjid di Cirebon yang ‘dikeramatkan’ biasanya ramai peziarah kan?

Masjid merah panjunan

Masjid Merah Panjunan nama aslinya ternyata Masjid Al-Athya, didirikan pada abad ke-15. Masjid ini memiliki arsitektur unik yang memadukan unsur budaya Arab, Tionghoa, dan Jawa. Hal ini terlihat dari penggunaan bata merah, atap tumpang tiga, dan dekorasi khas Tionghoa pada gerbang masjid.

Masjid merah panjunan

Masjid Merah Panjunan menyimpan banyak nilai sejarah. Di masjid ini terdapat sumur tua yang konon digunakan Sunan Gunung Jati untuk berwudu. Selain itu, terdapat pula mimbar kayu berukir yang konon dibuat oleh Ki Ageng Selo.

Masjid merah panjunan

Aku sendirian berkeliling dari gerbang ala candinya hingga mengamati setiap keramik di dindingnya. Di sini juga ada jam kompas yang usianya sudah tua ternyata.

Kampung Arab Cirebon

Sejak masuk gang, aku melihat ke-khasan Kampung Arab seperti halnya di kampung Arab di Pekalongan. Deretan toko minyak wangi dan kitab dengan rumah-rumah tingginya. Kampung Arab Cirebon, yang terletak di sekitar Masjid Merah Panjunan, merupakan salah satu bukti sejarah panjang hubungan Indonesia dengan dunia Arab.

Masjid merah panjunan

Nama Panjunan adalah sebutan untuk tukang (membuat) periuk belanga. Dulunya di daerah ini memang begitu adanya, tapi sekarang sudah tidak lagi.

Masjid merah panjunan

Tips

  • Waktu terbaik untuk berkunjung: Pagi hari atau sore hari untuk menghindari cuaca panas.
  • Cara menuju ke sana:
    • Dari Jakarta, dapat menggunakan kereta api atau bus ke Cirebon. Lokasinya hanya 2km dari stasiun Kereta api.
    • Dari Cirebon, dapat menggunakan angkot atau taksi ke Kampung Arab.
  • Tips:
    • Gunakan pakaian yang sopan saat mengunjungi masjid.
    • Bersikaplah hormat kepada penduduk setempat.

Lokasi

Jl. Panjunan No.43, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112, Indonesia.

1 Comment

  1. […] Terletak di pusatkota Cirebon, hotel ini menawarkan akses mudah ke berbagai tempat wisata budaya, ziarah, dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *