Museum wahyu

Destinasi baru bagi jamaah umrah dan haji di makkah yaitu Museum Wahyu ini memberi kesan mendalam bagiku. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya berada di tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama? Nah, di Makkah, Arab Saudi, ada sebuah museum yang bisa membawa kamu kembali ke momen bersejarah tersebut. Namanya Museum Wahyu, atau Hira Cultural District. Aku bakal ingat terus tempat ini, karena di terasnya saat sedang mengantre…aku mendapat info kalau project-ku sudah di ACC.

Sekilas tentang Museum Wahyu

Museum Wahyu terletak di kaki Gunung Jabal Nur, tepatnya di Gua Hira, tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Dibuka pada tahun 2023 dan langsung menjadi salah satu destinasi wisata religi favorit di Makkah. Destinai ini sudah sepaket dengan travelan umrah yang kuambil, masuk ke item city tour Makkah. Tidak seperti city tour Madinah yang cukup ditempuh kurang dari setengah hari, edisi Makkah cukup panjang karena baru sampai ke hotel di jam 2 siang. Hal yang menyebabkan lama adalah di Museum wahyu ini antreanya cukup mengular.

Museum wahyu

Apa yang bisa kamu temukan di Museum Wahyu?

Hira Cultural District menghadirkan berbagai pameran interaktif dan multimedia yang menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW dan turunnya wahyu pertama. Kamu bisa melihat animasi 3D yang menggambarkan momen tersebut, mendengarkan rekaman ayat-ayat Al-Quran, dan mempelajari sejarah Islam melalui berbagai artefak dan pameran.

museum-wahyu

Di sana juga sudah disediakan guide berbahasa Indonesia. Menurutku meski museum ini tidak banyak menampilkan artefak, namun penyajian yang canggih bisa se-memukau itu dan membantu kita mengingat kembali pelajaran tarikh.

Museum wahyu

Dengar-dengar dari guide-nya sih, nantinya akan dibangun cable train (kereta gantung) untuk ke gua Hira. Saat ini pun sebenarnya sudah ada track dengan jalan batu rapih untuk naik ke atas. Tapi, aku sendiri nggak naik karena panaaass.

Panduan

  • Lokasi: Hira Cultural District, Makkah, Arab Saudi
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WAS
  • Harga tiket:
    • Dewasa: SAR 20
    • Anak-anak: SAR 10
  • Transportasi:
    • Kamu bisa naik taksi atau bus dari Masjidil Haram ke Hira Cultural District.
    • Perjalanan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Kuliner dan Oleh-Oleh

Setelah puas menjelajahi museum, kamu bisa mencicipi berbagai kuliner khas Makkah di sekitar Hira Cultural District. Di sini ada banyak toko oleh-oleh termaauk original merchendaise juga. Kalau aku justru beli kopi sebelum antre masuk museum, sebab ngantuk banget huhuu.

Museum wahyu

Kalau yang antreanya cukup panjang, ada di tenant bakso Onta. Aku sendiri tidak mencoba, jadi tidak bisa membayangkan apakah mirip bakso sapi atau seperti apa hahaha.

Tips

  • Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman saat mengunjungi museum.
  • Bawalah air minum dan topi karena cuaca di Makkah bisa sangat panas.
  • Saat di area multimedia kita tidak diperkenankan merekam
Museum wahyu

Kesimpulan

Museum Wahyu adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah Islam dan ingin merasakan atmosfer religius di Makkah. Dengan berbagai pameran interaktif dan multimedia, museum ini memberikan pengalaman belajar yang menarik dan tak terlupakan.

1 Comment

  1. […] full ke taif sejak pagi hingga malam. Memangnya kita mau ada apa sih di sana? Aku berharap ke museum, ternyata […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *